Tuesday, July 23, 2024
HomeHiburanNgomong SGIE Pakai Ejaan Bahasa Indonesia, Gibran Disorot Najwa Shihab?

Ngomong SGIE Pakai Ejaan Bahasa Indonesia, Gibran Disorot Najwa Shihab?

BATAMSTRAITS.COM – Gibran Rakabuming Raka menjadi perbincangan hangat karena pengucapan SGIE di acara Debat Cawapres yang berlangsung pada Jumat (22/12/2023).

Cawapres dari Prabowo Subianto itu dibully karena mengucapkannya dengan memakai ejaan bahasa Indonesia. Padahal SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy, yakni istilah ekonomi dalam bahasa Inggris.

SGIE muncul dalam pertanyaan Gibran pada Muhaimin Iskandar, cawapres dari Anies Baswedan. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Cak Imin tak paham apa itu SGIE sehingga balik bertanya.

Banyak yang memuji Gibran karena dianggap sukses membuat lawan debatnya mati kutu. Namun tidak sedikit yang merasa putra sulung Presiden Joko Widodo itu licik dan sok pintar dengan memberi pertanyaan menjebak.

Gibran dan SGIE langsung jadi topik hangat. Hal tersebut juga dibahas dalam acara nonton bareng Debat Cawapres bertajuk Studio Musyawarah yang dibawakan oleh Najwa Shihab.

Salah satu perwakilan timses yang hadir membahas tentang bagaimana Gibran mengucapkan SGIE dengan ejaan bahasa Indonesia, sehingga membuat Cak Imin bingung.

BACA JUGA:   10 Film Indonesia yang Tayang 2024, dari Horor Sampai Komedi

“Kalau ini singkatannya dalam bahasa Inggris, kenapa dia ngomongnya Es Ge I E, bukan Es Ji Ai I,” ujarnya, membuat Najwa Shihab tertawa.

Najwa Shihab. [Instagram]

Selain SGIE, Gibran juga menyebutkan istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang kurang familiar, diduga untuk membuat lawan bicaranya terlihat tidak menguasai topik.

“Gibran ini seolah mendesain semua pertanyaannya itu seolah-olah ini sesuatu yang tidak dikuasai oleh lawan bicaranya, termasuk carbon storage,” ungkapnya.

“Ini kan sebenarnya tinggal ngomong emisi karbon, mungkin Pak Mahfud ngerti, atau Cak Imin misalnya tentang bank syariah, langsung ngerti,” imbuhnya.

Timses tersebut lantas kembali menyinggung tentang SGIE, yang lagi-lagi mengundang tawa Najwa Shihab.

Potret Gibran Rakabuming Raka saat debat (YouTube/KPU RI)
Potret Gibran Rakabuming Raka saat debat (YouTube/KPU RI)

“Masalahnya kalau ini menggunakan literatur Inggris, tapi dia ngomongnya Es Ge I E, tapi kepanjangannya itu adalah bahasa Inggris, saya nggak dapet,” pungkasnya.

Reaksi Najwa Shihab yang tertawa setiap kali SGIE disebutkan sontak menuai sorotan.

“Najwa sampai ngakak Gibran ngomong Es Ge I E, mau keliatan pinter,” kata warganet.

“Penasaran Najwa tuh berpihak sama siapa ya,” sahut yang lain.

BACA JUGA:   Relawan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Soroti Sikap Jokowi, Singgung Pengkhianat

“Mau kelihatan pintar bahasa Inggris malah jadi kelihatan culunnya. Penyebutan singkatan SGIE gibran masih melihat contekan kertas,” tambah warganet lain.

sumber: Suara.com

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER