Monday, July 15, 2024
HomePolitikPantauan Hari Pertama Kampanye Berjalan Lancar dan Kondusif

Pantauan Hari Pertama Kampanye Berjalan Lancar dan Kondusif

BATAMSTRAITS.COM – Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) intensifkan pemantauan kampanye hari pertama Polda Jawa Barat guna mengantisipasi potensi kerawanan menjelang Pemilu 2024. Irjen Pol. (Purn) Pudji Hartanto Iskandar dan H. Mohammad Dawam memimpin tim pemantauan yang didampingi oleh Brigpol Rizal Permana.

“Polda Jawa Barat dipilih karena memiliki populasi penduduk dan pemilih terbesar di Indonesia. Potensi kerawanan cukup tinggi di sini,” kata Pudji dalam keterangan tertulis pada Rabu, 29 November 2023.

Kata dia, Provinsi Jawa Barat juga menjadi fokus karena relevan dan strategis dalam persiapan Polri pada Operasi Mantap Brata 2023. Pada hari pertama kampanye, Kompolnas memberikan himbauan khusus netralitas kepada anggota Polri untuk memastikan integritas dalam proses pemilu.

“Ini adalah komitmen dan pesan penting kepada seluruh jajaran Polri di Indonesia,” ujar Pudji.

Setelah kunjungan ke Polda Jawa Barat, tim melanjutkan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta dengan pesan dari Pudji tentang profesionalisme dan netralitas. Seluruh personel diingatkan untuk menjaga situasi kamtibmas agar kondusif selama tahapan pemilu 2024.

BACA JUGA:   KPU Menetapkan 320 Titik Pemsangan APK di Kota Batam

Anggota Kompolnas, Mohammad Dawam, menekankan bahwa tugas Polri, sebagai mandat struktur kelembagaan, termasuk menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas.

“Hal itu sangat strategis untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, damai, berkualitas, dan bermartabat,” jelasnya.

Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes. Pol. Kalingga, menjelaskan persiapan Polda Jabar termasuk aplikasi One Data yang terkoneksi dengan teknologi face recognition (FR) untuk memantau jalur arteri, objek wisata, objek vital, sebaran anggota lalu lintas, dan lainnya.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, menyambut baik kunjungan Tim Kompolnas dalam upaya mewujudkan manajemen operasi yang baik dan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Jabar.(*)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER