Tuesday, July 23, 2024
HomeNasionalGunung Merapi Sumatera Barat: PVMBG Laporkan Status Waspada!

Gunung Merapi Sumatera Barat: PVMBG Laporkan Status Waspada!

BATAMSTRAITS.COM – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan perkembangan terbaru mengenai aktivitas vulkanik Gunung Merapi Sumatera Barat. Berdasarkan hasil pengamatan hingga pagi ini, Rabu (6/11) pukul 06.00 WIB, Gunung Merapi Sumatera Barat berada pada status Level II atau WASPADA.

“PVMBG mencatat aktivitas vulkanik Gunung Marapi (2891 mdpl) di Sumatera Barat pada pagi hari ini. Asap kawah teramati dengan tekanan lemah hingga sedang dan berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, mencapai tinggi 400 meter di atas puncak kawah. Kepala PVMBG,” kata epala PVMBG Hendra Gunawan, Rabu, 6 Desember 2023 pagi.

Meskipun data kegempaan tidak menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan, dengan jumlah letusan sebanyak 6 kali dan gempa hembusan sebanyak 18 kali, PVMBG tetap berkomitmen untuk terus melakukan pemantauan. Hendra Gunawan juga menegaskan bahwa kolom erupsi tidak dapat diamati dengan baik karena tertutup kabut.

Kata dia, karena status Gunung Marapi masih berada pada Level II (WASPADA), masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan dilarang mendaki Gunungapi Marapi dalam radius 3 Km dari kawah/puncak.

BACA JUGA:   Timnas Indonesia Diprediksi Lolos 16 Besar, Peluang Juara 0,1 Persen

“PVMBG akan terus melakukan pemantauan dan monitoring aktivitas gunungapi tersebut. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali,” ujarnya.(uby)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER