Tuesday, July 23, 2024
HomeInternasionalIndonesia Kutuk Serangan Rudal Israel Terhadap RS Indonesia di Gaza

Indonesia Kutuk Serangan Rudal Israel Terhadap RS Indonesia di Gaza

BATAMATRAITS.COM – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) dengan tegas mengutuk serangan brutal Israel yang melibatkan 11 rudal dalam satu hari ke area sekitar Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza Palestina pada Kamis (9/11).

“Indonesia sekali lagi mengutuk serangan-serangan biadab terhadap warga dan obyek sipil, khususnya fasilitas-fasilitas kemanusiaan di Gaza,” kata juru bicara Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, Jumat, 10 November 2023 dalam keterangan resminya.

Rumah Sakit Indonesia, yang juga berfungsi sebagai tempat pengungsian warga, menjadi sasaran utama serangan rudal di daerah Taliza’tar. Lokasinya yang sangat dekat dengan rumah sakit menyebabkan kerusakan fisik tambahan pada fasilitas medis tersebut.

Direktur RS Indonesia di Gaza, Atef Kahlout, mengungkapkan dampak mengerikan dari serangan tersebut, “Pecahan besar peluru terbang ke rumah sakit.”

Video dokumentasi serangan tersebut menunjukkan cahaya terang di langit dekat gedung rumah sakit, diiringi ledakan berkali-kali. Masyarakat sekitar, termasuk yang berada di dalam tenda pengungsian, berlarian mencari tempat berlindung.

Agresi Israel ke Gaza sejak 7 Oktober, yang juga menyatakan perang dengan Hamas, telah menyasar rumah sakit, masjid, gereja, sekolah, dan tempat pengungsian. Dalam gelombang serangan tersebut, lebih dari 10.500 warga Palestina tewas, 60 persen di antaranya adalah anak-anak dan perempuan.

BACA JUGA:   Rudal Houthi Tembak Kapal Tanker AS di Teluk Aden

Situasi konflik semakin memburuk, menuntut perhatian dan aksi internasional untuk mengakhiri tragedi kemanusiaan ini.

sumber : cnnindonesia

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER