Saturday, July 13, 2024
HomeBatamPerjanjian Gubernur Ansar dengan PLN UID Riau Kepri: Menguatkan Rencana Kepri Terang

Perjanjian Gubernur Ansar dengan PLN UID Riau Kepri: Menguatkan Rencana Kepri Terang

BATAMSTRAITS.COM, Batam – Gubernur Ansar dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama dengan General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UID RKR), Agung Murdifi, telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang menguatkan komitmen keduanya untuk menyelesaikan permasalahan penyediaan listrik di pulau-pulau kecil di wilayah Kepri.

Penandatanganan kesepakatan ini berlangsung di Pulau Panjang, Batam, sehubungan dengan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) pada Rabu (01/11).

Gubernur Ansar menyatakan, “Komitmen bersama untuk percepatan penyelesaian penyediaan tenaga listrik di pulau-pulau kecil di wilayah Provinsi Kepri merupakan bagian dari program ‘Kepri Terang’ yang kami galakkan setiap tahun.”

Sebelumnya, kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepri dan PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau telah menghasilkan pembangunan 6 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat dan bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) untuk 3.248 rumah tangga pada tahun 2023.

Pembangunan PLTS terpusat dilaksanakan di Pulau Panjang, Pulau Akar, dan Pulau Geranting di Kota Batam, serta Pulau Jaga di Kabupaten Karimun, Pulau Sebong, dan Pulau Nuja di Kabupaten Lingga. Program BPBL juga telah menyambungkan listrik ke 11.898 rumah tangga dari tahun 2021 hingga 2023.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Tegaskan ASN Dilarang Terlibat Pinjol

Melalui MoU ini, Gubernur Ansar menegaskan bahwa kolaborasi antara kedua belah pihak akan terus dilaksanakan setiap tahun, termasuk pemasangan BPBL, pembangunan PLTS, serah terima operasional mesin genset, pemasangan jaringan tegangan menengah dan rendah (JTM dan JTR), serta pemasangan penerangan jalan umum.

“Dengan kerja sama ini, harapan kita untuk mewujudkan ‘Kepri Terang’ bagi seluruh wilayah Kepri menjadi semakin nyata. Tujuan kami adalah agar seluruh masyarakat, tidak hanya di perkotaan, dapat menikmati penerangan yang memadai. Kami berkomitmen untuk menghilangkan kegelapan di setiap sudut Kepri,” tandasnya.(*/dwi)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER