Saturday, July 13, 2024
HomeKesehatanCatat, Berikut Caranya Redakan Sakit Kepala dengan Cara Pijat di Titik Tertentu

Catat, Berikut Caranya Redakan Sakit Kepala dengan Cara Pijat di Titik Tertentu

batamstraits.com – Sakit kepala adalah masalah umum yang seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman. Salah satu metode alternatif untuk meredakan sakit kepala adalah dengan melakukan pijatan pada titik-titik tertentu di tubuh. Teknik ini dikenal sebagai akupresur, yang berasal dari tradisi Tiongkok dan telah terbukti efektif dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan, termasuk sakit kepala.

Mengapa Pijatan Titik Pijat Sakit Kepala Efektif?

Meskipun mekanismenya belum sepenuhnya dipahami, pijatan titik pijat sakit kepala dipercaya dapat membantu memperlancar aliran darah dan merelaksasi otot yang tegang, yang pada gilirannya dapat meredakan sakit kepala. Teknik ini memiliki sedikit efek samping dan biaya yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang menarik bagi banyak orang.

Titik Pijat Sakit Kepala yang Perlu Anda Ketahui

Untuk merasakan manfaat maksimal dari pijatan titik pijat sakit kepala, Anda perlu tahu titik-titik mana yang harus ditekan. Berikut adalah beberapa titik pijat sakit kepala di berbagai bagian tubuh yang dapat membantu meredakan rasa nyeri:

Titik di antara ibu jari dan telunjuk tangan: Titik Hegu atau Large Intestine 4 (LI4). Pijatan ringan pada titik ini dapat mengurangi nyeri yang disebabkan oleh berbagai jenis sakit kepala, termasuk tension headache dan migrain.

BACA JUGA:   Tebar Ancaman Jelang Piala Asia 2023, Kapten Irak Kesampingkan Timnas Indonesia

Titik di pergelangan tangan bagian dalam: Titik Nei Guan atau Pericardium 6 (PC6). Letaknya dapat ditemukan dengan meletakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis di pergelangan tangan bagian dalam. Pijatan pada titik ini dapat membantu meredakan sakit kepala.

Titik di leher bagian belakang: Titik Fengchi atau Gall Bladder 20 (GB20). Menekan titik ini di tengkuk atau leher bagian belakang dapat meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot leher.

Titik di pelipis: Titik Taiyang (M-Hn-9) yang terletak di pelipis. Pijatan pada titik ini dapat membantu meredakan sakit kepala sebelah atau sakit kepala tegang.

Titik di tengah dahi: Titik Yintang (M-Hn-3) yang terletak di bagian tengah dahi. Pijatan pada titik ini dapat meredakan sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh tegangnya otot mata.

Titik di punggung kaki: Titik Taichong atau Liver 3 (LV3). Titik ini berada di punggung kaki, sejajar dengan celah di antara ibu jari dan telunjuk kaki. Menekannya dapat membantu meredakan sakit kepala yang disertai mual.

BACA JUGA:   Popularitas Threads Meroket, Mark Zuckerberg: Targetkan 1 Miliar Pengguna

Untuk meredakan sakit kepala dengan pijatan titik pijat sakit kepala, pastikan Anda melakukan teknik akupresur dengan cukup kuat dan mengulanginya beberapa kali. Namun, jika sakit kepala Anda tidak kunjung hilang atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Jadi, dengan mengetahui titik-titik ini dan menggunakan teknik akupresur dengan benar, Anda dapat mencoba meredakan sakit kepala secara alami dan praktis.

sumber : alodokter

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER