Monday, July 15, 2024
HomeKepriBawaslu Kepri Perkuat Sinergi Dalam Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Kepri Perkuat Sinergi Dalam Pengawasan Pemilu 2024

BATAMSTRAITS.COM, BATAM – Memperkuat sinergi kerjasama dengan berbagai pihak, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri mengawasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Anggota Bawaslu Kepri Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Maryama mengatakan dalam pengawasan tersebut pihaknya membentuk pokja penanganan isu negatif dengan melibatkan berbagai instansi seperti Polda, Dinas Kominfo, Binda, hingga KPID.

Ia menyampaikan isu negatif yang berkembang media sosial merupakan satu fokus Bawaslu dalam menghadirkan pemilu damai 2024.

“Munculnya konten penyebar kebencian , atau berita hoaks, SARA itu isu stragetis yang masuk dalam indeks kerawanan pemilu yang sudah di rilis Bawaslu tempo hari,” ujar Maryama.

Selain itu pihaknya juga melibatkan pemantau pemilu lokal dari Universitas Internasional Batam (UIB), yaitu mereka juga membentuk cyberdrop untuk melakukan pengawasan di media sosial terhadap konten negatif.

“Jadi mereka juga membentuk cybertrop yang mereka diberi kerja setiap hari oleh kampusnya, bukan oleh Bawaslu untuk melakukan pengawasan di medsos terhadap konten negatif,” ujar dia.

Apabila ditemukan terkait hal tersebut, maka Bawaslu akan melakukan koordinasi bersama Kominfo untuk menurunkan konten negatif.

BACA JUGA:   Pajero Berpelat Polri Diduga Dipakai Kampanye Caleg DPR di Tangerang

Selain terkait isu negatif, persoalan politik uang dan netralitas ASN juga masuk dalam pengawasan Bawaslu Kepri.

“Politik uang dan netralistas ASN tidak fokus pada media sosial saja, justru di luar media sosial ini juga menjadi atensi bersama masyarakat, lebih-lebih Bawaslu sudah menjadi tugas kewajiban wewenangnya untuk tindak lanjuti jika ada pihak-pihak yang melanggar melakukan politik uang maupun yang tidak netral bagi ASN,” ujarnya. (pys)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER