Tuesday, July 23, 2024
HomeKepri14.028 Siswi SD di Kepri Sudah Divaksin HPV

14.028 Siswi SD di Kepri Sudah Divaksin HPV

BATAMSTRAITS.COM, KEPRI – Dinkes Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan capaian vaksinasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV) di provinsi itu sebesar 72 persen atau sekitar 14.028 siswi SD yang telah divaksin.

Kepala Dinkes Kepri Mohammad Bisri mengatakan mengatakan pemberian vaksin HPV ini termasuk dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2023, yang diharapkan dapat mencegah kanker leher rahim dengan efektif karena diberikan sejak usia dini pada anak perempuan.

“Untuk capaian bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) HPV Kepri per tanggal 22 November 2023 sudah 72 persen. Dan untuk sasarannya sebanyak 19.480 siswi,” kata Bisri, Kamis (23/11/2023).

Diakuinya pemberian imunisasi HPV diberikan hanya pada anak perempuan pada usia kelas 5 SD untuk dosis pertama untuk dosis kedua dengan interval dua belas bulan.

“Pada bulan Agustus di Kota Batam telah dimulai pemberian vaksin HPV untuk anak perempuan kelas 5 SD sederajat dan anak yang tidak bersekolah,” ujarnya.

Pencegahan kanker leher rahim, lanjutnya, akan semakin efektif jika dibarengi dengan upaya proteksi spesifik dengan memberikan dua dosis imunisasi HPV dengan interval enam hingga 12 bulan.

BACA JUGA:   BNNK Batam Rehabilitasi 24 Pengguna Narkoba Sepanjang 2023

Kata Bisri, kanker dapat dicegah dengan imunisasi HPV dan saat ini program nasional pencegahan kanker leher rahim yang sudah dilaksanakan adalah deteksi dini kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

Namun deteksi dini dengan pemeriksaan IVA hanya dapat dilakukan pada perempuan yang sudah menikah. (pys)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER