Saturday, July 13, 2024
HomeNasionalDebat Capres, Bekas Komisioner Komnas HAM Minta Konflik Papua Dibahas

Debat Capres, Bekas Komisioner Komnas HAM Minta Konflik Papua Dibahas

BATAMSTRAITS.COM, Jakarta – Bekas Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Amiruddin al-Rahab meminta masalah konflik di Papua menjadi salah satu bahasan dalam debat capres malam ini, Ahad, 7 Januari 2024. Menurut dia, selama ini Papua hanya dijadikan gimik dan objek kunjungan oleh pejabat di Jakarta, tapi tidak memperbaiki keadaan di sana.

“Belasan kali kunjungan, tapi tidak memperbaiki keadaan Papua. Sudah saatnya para Capres benar-benar mencarikan cara penghentian konflik berdarah yang ada di Papua. Selama 2023 saja sudah lebih 50 orang korban jiwa dari berbagai pihak,” kata Amiruddin dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 7 Januari 2024.

Menurut dia, tema keamanan, pertahanan, geopolitik, dan politik luar negeri pada debat capres hari ini sangat erat kaitannya dengan kondisi di Papua.

“Oleh karena topiknya Papua banget, maka para capres perlu menyampaikan strategi keamanan dan pertahanan di Papua agar rakyat atau aparat  tidak terus-terusan menjadi korban,” kata dia.

Sementara itu, dalam kontek geopolitik yang kini multipolar, Amiruddin menegaskan sudah seharusnya para capres menyusun langkah-langkah diplomasi untuk mewujudkan Papua yang damai.

BACA JUGA:   AA Gym Pesan ke Anies: Jabatan Itu Ujian, Tanggung Jawabnya di Akhirat

“Diplomasi RI harus hadir nyata dan berkualitas di Pasifik. Jangan lagi diplomasi RI di Pasifik sekedar gimik-gimik yang tidak berkualitas,” kata dia.

Sebut pemerintah salah urus Papua

Tak hanya itu, Amiruddin menegaskan Papua adalah beranda terdepan di Pasifik, tetapi selama ini salah urus. Selama sembilan tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dia menilai pemerintah tidak mampu mengubah situasi konflik yang memakan banyak korban di Papua.

“Sudah saatnya rakyat Papua memperoleh hidup yang damai dan aparatur negara bisa nyaman bertugas di Papua. Para capres, harus bisa menunjukan cara dan strategi penanganan konflik Papua yang berbeda dari sekarang ini,” kata dia.

Debat capres malam ini akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Ini merupakan debat ketiga dari lima kali yang dirancang Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyambut Pilpres 2024.

Debat capres ini akan diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Ketiga calon wakil presiden – Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md – juga akan hadir namun hanya sebagai pendamping.

BACA JUGA:   Alvin Lim Tuding Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Sel, Mahfud Beri Respons Begini

 

sumber: TEMPO.CO

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER