Tuesday, July 23, 2024
HomeNasionalSoal Ucapan Prabowo Ndasmu Etik yang Bocor di Rakornas, Hasto PDIP: Bukan...

Soal Ucapan Prabowo Ndasmu Etik yang Bocor di Rakornas, Hasto PDIP: Bukan Karakter Pemimpin yang Baik

BATAMSTRAITS.COM, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto menyebut ungkapan Prabowo Subianto soal Ndasmu Etik menunjukkan watak asli calon presiden nomor urut 2 itu.

“Dengan debat kemarin terbukti bahwa pak Prabowo menampilkan jati dirinya yang selama ini mencoba ditutup-tutupi dengan marah, emosional bahkan kemudian mengatakan aspek etika yang seharusnya itu melandasi kekuasaan oleh Pak Prabowo dikatakan etika Ndasmu,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Ahad, 17 Desember 2023.

Menurut Hasto dengan adanya pernyataan soal ‘Ndasmu Etik’ justru bagi masyarakat Jawa Tengah telah mengungkap jika sosok Menteri Pertahanan itu bukan karakter pemimpin yang baik.

“Itu menandakan ada persoalan serius terkait dengan aspek psikologis, ini bukan saya yang berbicara ini para pakar psikolog para ahli-ahli psikologi berbicara seperti itu, sehingga ketika Pak Prabowo berbicara etika endasmu ini menjadi suatu gerakan harus balik bahwa rakyat ternyata sadar Bapak Prabowo bukan Pak Jokowi,” kata Hasto.

Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, menanggapi video sambutan Prabowo yang beredar di media sosial. Video itu ramai disorot karena Prabowo kedapatan mengucap “ndasmu etik” sambil menyindir kompetitornya, calon presiden Anies Baswedan di hadapan kader-kader Gerindra.

BACA JUGA:   Jokowi Terima Surat Tugas dari 10 Dubes Asing, Denmark hingga Yordania

Rekaman yang diunggah akun X (Twitter) @ainunnajib itu tidak memberikan lokasi spesifik tempat video diambil. Namun, Tempo menemukan kesamaan lokasi dan tata ruang yang ada dalam video tersebut dengan acara Rakornas kemarin. Video tersebut diunggah di X pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Dalam video berdurasi 1 menit 5 detik itu, Prabowo Subianto berbicara di podium berhadapan dengan para kader Gerindra peserta Rakornas. Calon presiden nomor urut dua itu terlihat menirukan perkataan kompetitornya, Anies Baswedan, saat debat capres Selasa lalu. “Bagaimana perasaan Mas Prabowo, soal etik? Etik? Etik?” kata Prabowo menirukan Anies sambil menggoyang-goyangkan kepalanya.

“Ndasmu etik,” ujar Prabowo kemudian. Ucapan itu lantas disambut riuh tepuk tangan para peserta Rakornas. Mereka juga mengelu-elukan nama Prabowo setelah pernyataan tersebut.

Dahnil tidak membantah saat ditanya bahwa pernyataan tersebut memang diberikan Prabowo dalam Rakornas Partai Gerindra kemarin. Namun, dia berdalih calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu sedang bergurau belaka. “Pak Prabowo senang bercanda, itu bercandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra, seribu persen becanda,” kata Dahnil melalui pesan singkat pada Sabtu, 16 Desember 2023.

BACA JUGA:   Ganjar-Mahfud Akhiri Kampanye di Solo, Megawati Dijadwalkan Hadir

Adapun Prabowo menanggapi pernyataannya itu mengatakan agar masalah ini tak dibesar-besarkan. Dia mengatakan hal itu hanya candaan kepada kader Partai Gerindra.

sumber: TEMPO.CO

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER