Monday, July 15, 2024
HomeBatamNilai PMDN di Kota Batam Pada Januari Hingga September 2023 Capai Rp...

Nilai PMDN di Kota Batam Pada Januari Hingga September 2023 Capai Rp 5,18 triliun

BATAMSTRAITS.COM, BATAM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam mencatat nilai penanaman modal dalam negeri (PMDN) di kota itu pada Januari-September 2023 mencapai Rp5,18 triliun.

Kepala DPMPTSP Kota Batam Reza Khadafi mengatakan mengatakan PMDN pada 2023 ditargetkan mencapai Rp5 triliun.

Untuk capaian realisasi investasi Kota Batam pada periode Januari – September tahun 2023 adalah sebesar Rp12,7 triliun atau 4.774 proyek, yang terdiri dari realisasi investasi PMA sebesar Rp7,52 triliun atau 2.059 proyek dan PMDN sebesar Rp5,18 triliun atau 2.715 proyek.

“Capaian sudah melebihi target. In sha Allah untuk PMDN ini Batam bisa surplus,” kata Reza, Kamis (23/11/2023).

Diakuinya jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, nilai investasi dalam negeri tumbuh cukup siginifikan, yang disebabkan oleh kemajuan infrastruktur Kota Batam.

“Selain keadaan ekonomi yang terus tumbuh positif dan membaiknya kondisi pasca COVID-19 menjadi faktor naiknya nilai investasi di Batam. Faktor lain adalah keunggulan wilayah dengan fasilitas FTZ,” ujarnya.

BACA JUGA:   Jelang 2024, Buruh Kembali Turun Sampaikan Tuntutan Kenaikan UMK Batam 15 Persen

Secara akumulatif Pemkot Batam menyumbang 79,91 persen atau Rp12,7 triliun dari jumlah realisasi investasi di Provinsi Kepulauan Riau yang sebesar Rp15,89 triliun pada periode Januari – September tahun 2023.

“Salah satu sektor yang terus diharapkan berkembang adalah makanan dan minuman, karena Batam cukup strategis untuk hadirnya berbagai macam jenis restoran. Meskipun masih didominasi jasa konstruksi, dan properti, tapi makanan dan minuman ini terus berkembang,” ujar Reza.

Ia melanjutkan kemudahan investasi yang diberikan dengan sistem online dan terkoneksi, membuat investor menjadikan Batam sebagai tujuan investasi.

“Promosi terus dilakukan. Makanya kami juga menawarkan kemudahan investasi, dan investor memiliki banyak pilihan untuk menanamkan modal mereka di Batam,” ujarnya. (pys)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER