Tuesday, July 23, 2024
HomeBatamRapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam beberapa waktu yang lalu

Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam beberapa waktu yang lalu

BATAMSTRAITS.COM, BATAM – Berdasarkan laporan Inflasi Daerah Minggu III Bulan November 2023 terhitung dari 13 sampai dengan 17 November 2023 terdapat beberapa komoditas pangan yang mengalami penurunan harga.

Demikian hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Batam sekaligus sebagai Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, Jefridin Hamid.

“Pada Minggu ketiga November ini, terdapat beberapa komoditi yang sudah mulai mengalami penurunan harga. Diantaranya penurunan pada ikan kembung,” ujar Jefridin.

Sebelumnya untuk harga ikan kembung di Minggu kedua bulan November dijual seharga Rp 45 ribu perkilogram, turun menjadi Rp 38 ribu perkilogramnya.

Sedangkan, untuk harga komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan harga pada minggu ketiga November adalah cabe rawit hijau. Dari sebelumnya pada Minggu kedua seharga Rp 55 ribu perkilogramnya, naik menjadi Rp 60 ribu perkilogram.

“Kita terus mengupayakan untuk menekan harga komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan di Kota Batam. Ini merupakan komitmen Pak Wali untuk terus mengintervensi harga sembako dan inflasi,” tuturnya.

BACA JUGA:   Sekda Batam: Pembangunan SDM dan Infrastruktur Harus Seimbang

Ia melanjutkan untuk mengintervensi harga kebutuhan pokok dan menekan angka inflasi daerah, Pemerintah Kota Batam telah melakukan berbagai upaya dan program.

Diantaranya melalui program Operasi Pasar Murah yang terselenggara mulai dari 17 sampai dengan 19 Oktober 2023. Kemudian, kegiatan Sembako Bersubsidi Tahap II Pemko Batam Tahun 2023 pada 12 Kecamatan di Kota Batam, yang digelar dari tanggal 1 s.d. 15 November 2023.

“Selain dari Pemerintah Kota Batam, ada juga program bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari Pemerintah Pusat yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Sudah disalurkan melalui Kantor Pos dan berasnya premium sudah melalui sortir dari Perum Bulog Kota Batam,” kata Jefridin.

Berdasarkan informasi harga barang, yang dilaporkan melalui bit.ly Itjen Kemendagri RI, selama Minggu ketiga Bulan November 2023, sebagian besar harga kebutuhan pokok stabil.

Harga gula pasir stabil di harga Rp 15 ribu perkilogram, tepung terigu stabil di harga Rp 9.600 perkilogram, serta beberapa komoditi lainnya seperti tempe, tahu, udang dan sebagainya. (pys)

BACA JUGA:   Belum Semua Jukir Dapat Seragam Baru di Batam, Ini Sebabnya
spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER