Friday, July 19, 2024
HomeLifestyle dan TipsBegini Kiat-Kiat Mengatur Keuangan di Tahun 2024

Begini Kiat-Kiat Mengatur Keuangan di Tahun 2024

BATAMSTRAITS.COM, JAKARTA –  Ada beberapa orang membuat resolusi keuangannya sendiri di tahun baru. Ada orang yang menabung untuk dana darurat, dana pensiun, membuat usaha mikro, dan berinvestasi agar hari tua terjamin. Mengatur keuangan sangat perlu diprioritaskan agar dapat menikmati hari-hari dengan tenang dan nyaman.

Dengan bijak dalam mengatur keuangan, juga dapat mengontrol pengeluaran dengan mudah, dan tentu saja memudahkan Anda dalam mengatur prioritas. Berikut adalah kiat-kiat bijak yang dapat dilakukan untuk resolusi mengatur keuangan Anda di tahun 2024.

Petakan Anggaran Bulanan Anda Dengan Rinci
Membuat anggaran bulanan adalah langkah yang bijak untuk mengatur keuangan dengan bijak. Dengan memiliki anggaran bulanan, Anda tahu seberapa banyak uang yang Anda miliki dan juga berapa besar uang tersebut dikeluarkan dalam sebulan. Selain itu, anggaran bulanan juga dapat membantu Anda menjadi lebih hemat karena pengeluaran akan otomatis akan lebih terkontrol. Untuk memudahkan Anda dalam membuat rincian anggaran bulanan, Anda perlu mencatat berapa banyak pendapatan Anda dalam sebulan yang berasal dari beberapa sumber seperti gaji, kerjaan sampingan, tabungan, atau investasi. Setelah tahu berapa banyak pendapatan Anda, penting untuk mencatat pengeluaran rutin dalam sebulan seperti listrik, air, internet, uang saku anak, uang spp anak, dan sebagainya. Jangan lupa sisihkan dana untuk keperluan darurat seperti kesehatan. Ada beberapa tips yang dapat diikuti agar Anda sukses dalam merinci

BACA JUGA:   Tak Menunggu Lama, Inilah Tips Nembak Cewek Dijamin Langsung Terima!

Rancangan Anggaran Bulanan
Buatlah rincian anggaran secara realistis. Jangan memaksakan diri untuk menyisihkan penghasilan terlalu banyak. Periksa anggaran bulanan secara teratur, seringkali diperlukan penyesuaian. Apakah harus menambah atau mengurangi budget. Install aplikasi keuangan untuk mencatat penghasilan dan pengeluaran Anda jika kesulitan melakukannya secara manual.

Prioritaskan membayar cicilan
Adanya cicilan dapat menghambat resolusi finansial Anda. cicilan juga bisa menjadi penghambat finansial Anda jika tidak mengelolanya dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan membayar cicilan daripada membuang uang untuk hal-hal yang kurang penting. Fokuskan untuk membayar cicilan dari bunga yang paling tinggi. Alokasikan sebagian pendapatan bulanan untuk membayar cicilan agar bunga tidak semakin tinggi. Jika Anda memiliki beberapa cicilan, sebaiknya Anda merinci lagi cicilan tersebut beserta besarnya bunga. Cicilan yang mempunyai bunga paling tinggi harus diprioritaskan untuk dilunasi agar bunganya tidak semakin bengkak.

Bangun Dana Darurat
Hari sial tidak ada di kalender, banyak sesuatu tak terduga yang bisa terjadi kapan saja. Sangat disarankan untuk Anda menyiapkan dana darurat yang dapat digunakan saat situasi mendesak seperti sakit, ada alat yang rusak, kehilangan pekerjaan, dan sebagainya. Dana darurat yang ideal, umumnya berkisar 6-12 kali gaji. Jika Anda belum memiliki dana darurat, Anda dapat mulai menyisihkan beberapa persen dari penghasilan Anda.
Mempersiapkan Kesiapan Finansial Untuk Masa Pensiun Anda. Pensiun bukanlah suatu alasan untuk tidak produktif setidaknya untuk diri sendiri. Hadapi masa pensiun anda dengan berbagai cara seperti membuka usaha mikro dapat membantu Anda tetap menghasilkan dan tetap produktif di usia senja.Usaha mikro juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka usaha mikro saat pensiun jika Anda memiliki keterampilan atau pengalaman dalam bidang tertentu. Anda dapat memulainya dari skala kecil dan mengembangkannya secara bertahap.

BACA JUGA:   Siap Merawat Kecantikan dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki, Outlet D'Style Kini Hadir di One Batam Mall 

Manfaatkan Investasi dan Asuransi
Dua alat yang dapat Anda gunakan untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih baik adalah investasi dan asuransi. Investasi dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda, seperti dana pensiun atau dana pendidikan anak, dan asuransi dapat membantu Anda mengurangi beban biaya kesehatan yang mahal. Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi jika Anda memiliki lebih banyak dana. Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan profil risiko Anda, jadi konsultasikan dengan financial planner terpercaya untuk membantu Anda menemukan instrumen investasi yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat memiliki asuransi kesehatan untuk menghindari biaya pengobatan yang mahal. Ada berbagai jenis asuransi kesehatan yang dapat dipilih, sesuai dengan kebutuhan. Konsultasikan dengan agen asuransi untuk mendapatkan paket asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, perlu anda ingat bahwa koperasi juga memberikan berbagai manfaat keuangan untuk para anggotanya. (*/pys)

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER