Friday, July 19, 2024
HomePolitikSurvei Capres 2024: Prabowo-Gibran Kuasai Puncak Elektabilitas Menjelang Pilpres

Survei Capres 2024: Prabowo-Gibran Kuasai Puncak Elektabilitas Menjelang Pilpres

BATAMSTRAITS.COM – Survei terbaru dari LSI Denny JA dan Indonesian Political Opinion (IPO) mengungkapkan dinamika elektabilitas calon presiden-wakil presiden jelang Pilpres 2024.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mempertahankan posisi puncak dengan elektabilitas 40,3 persen, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengalami penurunan signifikan menjadi 28,6 persen. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mencatat peningkatan elektabilitas menjadi 20,3 persen.

Menurut peneliti LSI Denny JA, Adjie Al Faraby, jika Pilpres dua putaran, Prabowo-Gibran berpotensi lolos ke putaran kedua. Ganjar-Mahfud dan AMIN bersaing ketat, dengan selisih elektabilitas keduanya di bawah 10 persen. Tren menunjukkan Prabowo-Gibran semakin menjauh dari pesaing terdekatnya sepanjang September hingga November 2023.

“Ganjar-Mahfud sekarang turun jauh hanya 28,6 persen. Dari data ini Prabowo-Gibran hampir dua digit selisih dari pasangan terdekatnya yakni Ganjar-Mahfud. Dan Ganjar-Mahfud alami penurunan begitu jauh. Dan AMIN cenderung kenaikan,” ujar Adjie.

Survei dilakukan pada 6-13 November 2023 terhadap 1.200 responden dengan metode multistage random sampling, dan margin of error sekitar 2,9 persen.

BACA JUGA:   Penelitian Terbaru: Usia Bulan Ternyata Lebih Tua dari Yang Diperkirakan Sebelumnya

Hasil survei IPO pada November 2023 juga mengonfirmasi dominasi Prabowo-Gibran dengan elektabilitas 36,2 persen. Elektabilitas personal Prabowo dan Anies menempati posisi tertinggi, sementara Ganjar Pranowo berada di peringkat ketiga.

Survei ini melibatkan 1.400 responden dan dilakukan pada 10-17 November 2023 dengan margin of error sekitar 2,50 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.***

sumber : cnnindoensia

spot_img
BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA POPULER